Promo Umroh 2019  CP. 08111-34-1212  18,9 juta All in

diposkan pada : 12-03-2020 16:00:46

Sedari kecil ummat Islam lazimnya diajari untuk menyimak Qur’an oleh kedua orangtua mereka. Untuk kebutuhan ini sekian banyak  metode belajar baca Qur’an tersedia, sebut saja laksana metode al-Baghdadi (klasikal), Iqro, Ummi, Kibar, Tilawati dan beda sebagainya. Ada tidak sedikit sekali cara pembelajaran baca Qur’an yang terdapat di masyarakat.

Semua urusan itu mempunyai satu konsentrasi yang sama, yaitu mengajari masyarakat guna dapat menyimak Qur’an dengan baik dan benar. Bukan tanpa dalil hal itu dilakukan, ini disebabkan memang seorang muslim paling perlu untuk dapat membaca Qur’an yang merupakan buku suci mereka. Alhasil, dari kerja keras sekian banyak  pihak itu Allah karuniakan masyarakat Indonesia keterampilan untuk dapat menyimak Qur’an.

Yang jadi masalah, seringkali kita berhenti melulu sebatas dapat menyimak Qur’an saja. Merasa puas dengan dapat menyimak ayat-ayat Qur’an yang tersusun estetis di dalam mushaf. Padahal, hendaknya anda tidak berhenti hingga di sana saja. Selain dapat membaca Qur’an betapa baiknya andai kita juga berlanjut untuk level selanjutnya, yaitu mempelajari tafsirnya dengan baik. Ini tidak beda dan tidak bukan supaya pemahaman anda terhadap apa yang anda baca menjadi benar dan terarah.

Yang jadi masalah, lazimnya kitab-kitab tafsir ditulis dalam bahasa Arab. Ini pastinya menjadi kendala untuk kita yang lazimnya tidak dapat berbahasa Arab. Di samping itu, lazimnya kitab-kitab tafsir mempunyai jumlah halaman yang banyak, sampai-sampai menjadi tebal dan mahal harganya. Semua urusan ini pastinya mempersulit akses kita guna dapat belajar tafsir dengan komprehensif.

Untuk menanggulangi masalah-masalah itulah website TafsirWeb hadir. Pada website TafsirWeb insyaaAllah sekian banyak  masalah tersebut dapat diatasi, dengan menghadirkan koleksi tafsir ringkas yang cuma-cuma dan diakses kapanpun dan di manapun. Tentunya dalam bahasa Indonesia supaya bisa membawa guna yang luas guna ummat Islam pada umumnya.

Dengan visi menjadi pusat rujukan tafsir terpercaya, maka bukan sembarang tafsir yang disediakan di situs ini. Akan namun tafsir-tafsir yang dikeluarkan oleh lembaga terpercaya laksana yang dikeluarkan Kementrian Agama RI, dari Kementrian Agama Saudi Arabia, Tafsir al-Mukhtashar yang disupervisi Dr. Shalih Humaid (Imam Masjidil Haram) dan beda sebagainya.
Yang Mana Yang Didahulukan Bagi Dibaca?

Membaca tafsir Qur’an ringkas di website TafsirWeb insyaaAllah sangat gampang dan cepat. Selain tersebut juga gratis, sampai-sampai tidak bakal memakan biaya. Yang menjadi masalah berikutnya merupakan, surat dan ayat apa saja yang usahakan lebih dahulu dibaca?

Menurut irit kami, yang terbaik ialah membaca tafsir dari surat dan ayat yang tidak jarang dibaca/didengar terlebih dahulu. Agar ketika kita pulang membaca/mendengarnya, anda langsung bisa memaknainya dengan baik dan benar. Dengan kriteria laksana itu, inilah surat-surat yang kami rekomendasikan guna dipelajari terlebih dahulu sebelum berlanjut ke surat lainnya:

    Surat Al Fatihah. Tidak dapat tidak, ini ialah surat yang kesatu-tama mesti anda pahami tafsirnya. Sebagai surat yang anda baca paling tidak 17 kali dalam sehari, tentu telah sepantasnya anda prioritaskan guna mempelajari surat yang satu ini.

    Surat Al Baqoroh. Surat selanjutnya sesudah al-Fatihah pun sebagai surat yang selanjutnya kami rekomendasikan guna dipelajari tafsirnya. Temukan ratusan faidah dalam perkara aqidah, ibadah, syari’ah, sampai muamalah di dalam tafsir surat ini.

    Surat Yasin. Terlepas dari kontroversi fiqih dalam mengkhususkan menyimak surat ini, telah sepantasnya surat yang tidak jarang dibaca oleh masyarakat Indonesia ini dicerna dengan baik artinya dan tafsirnya.

    Surat Al Kahfi. Sungguh cerita ashabul kahfi paling sarat mutiara faidah yang tidak selalu dapat kita dapatkan dalam kisah-kisah lainnya, pelajari lebih detail mengenai mereka pada tafsir surat ini. Cermati pun kisah perjalanan Nabi Musa dalam menuntut ilmu, masih dalam tafsir surat yang sama.

    Surat Al Waqiah. Jika sudah datang al-Waqiah (hari kiamat), … begitulah tema besar dari surat yang satu ini. Sebuah surat yang menggetarkan hati orang-orang yang mau memungut pelajaran.

    Surat Ar Rohman. Surah yang menjadi favorit tidak sedikit orang guna dibaca dan didengarkan, disebabkan indahnya rangkaian kalimat di dalamnya. Akan namun tidak sekedar estetis susunan katanya, ternyata estetis juga sekian banyak  pelajaran yang ada di dalamnya.

    Surat Al Mulk. Surat singkat tiga puluh ayat ini butuh untuk dicerna maknanya dengan baik. Agar anda semakin mengenal tentang dominasi Allah, melewati tafsir dan tadabbur atas ayat-ayat Allah.

    Surat Ad Dhuha. Waktu yang telah ribuan kali anda lalui dalam hidup yang singkat ini. Bukan sembarang waktu, sebab ada tidak sedikit faidah dalam masa-masa tersebut. Apa saja? Silakan simak tafsirnya.

    Surat An Naba. Inilah surat yang berisikan gambaran sejumlah kejadian di akhirat, surat yang berisikan berita besar yang dipersilisihkan kebenarannya oleh orang-orang yang tidak beriman. Simak dengan baik keterangan tentangnya.

    Surat Yusuf. Bagaimana cerita kesabaran nabi Yusuf atas musibah dan ujian yang menimpanya? Bagaimana kesabaran nabi Ya’qub dalam menerima musibah yang menderanya? Apa saja hikmat yang ada dalam panjangnya cerita mereka? InsyaaAllah di sini terdapat jawabannya.

Demikian salah satu surat-surat yang kami rekomendasikan guna dibaca terlebih dahulu sebelum yang lainnya, menurut popularitas surat-surat itu di tengah-tengah ummat Islam. InsyaaAllah berfungsi untuk dipelajari terlebih dahulu sebelum berlanjut ke surat yang lainnya.

Moga dapat menjadi langkah mula untuk menolong kita tertarik untuk menyimak tafsir Qur’an, kemudian berlanjut menyimak tafsir surat lainnya sampai tamat semua surat dalam al-Qur’an. Wallahu waliyyut taufiiq.

Artikel lainnya »