Promo Umroh 2017  CP. 08111-34-1212  25 Des Rp 21,3 juta  | 26 dan 30 Desember Rp21,7 juta

diposkan pada : 21-12-2016 15:28:58

Umroh akhir Ramadhan - Umroh merupakan salah satu ibadah bagi umat Islam dengan berkunjung ke Baitullah guna melaksanakan kegiatan seperti thawaf, sai’i dan tahalul. Ibadah ini memang mirip dengan ibadah haji, sehingga disebut sebagai haji kecil. Hanya saja ada beberapa rukun yang berbeda seperti wuquf.

Pendapat Para Ulama Terkait Umroh Akhir Ramadhan
Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa melaksanakan umroh hukumnya sunnah mua’kad. Namun yang pasti melaksanakan umroh dapat menghapus dosa kita yang lampau dan mendapatkan pahala yang besar. Pelaksanaan umroh bisa dilakukan kapan saja, kecuali hari Tasrik 10 hingga 13 Dzulhijah. Jika anda ingin mendapatkan pahala yang berlipat, maka bisa melaksanakan umroh akhir Ramadhan.


Bagi anda yang hendak melaksanakan ibadah umroh, perlu mengetahui dan memenuhi syarat, rukun serta kewajiban umroh. Karena apabila tidak memenuhi baik itu syarat, rukun dan kewajibannya, maka ibadah umroh anda tidak sah. Syarat umroh antara lain beragama Islam, baligh, berakal sehat, dan mampu baik itu dari segi materi maupun fisik.
Untuk rukun umroh, antara lain niat ihram, tawaf, sa’i, tahalul, dan berurutan. Sedangkan kewajiban umroh antara lain niat ihram dan tidak melakukan larangan selama ihram. Semua syarat, rukun, dan kewajiban umroh sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu kita tidak diperbolehkan mengubahnya.


Para jamaah umroh, juga harus melalui serangkaian kegiatan agar ibadahnya sempurna. Rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari berangkat ke Miqot hingga selesai mengerjakan semua rukun umroh. Pertama, para jamaah yang akan menuju  Miqot terlebih dahulu mandi dan mengenakan pakaian ihram. Pada saat memakai pakaian ihram ini, jamaah disunahkan melaksanakan shalat ihram sebanyak 2 rakaat. Disunahkan membaca surat Al fatihah dan surat Al Kafirun saat rakaat pertama, kemudian surat Al Ikhlas saat rakaat kedua.

umroh akhir ramadhan

 

Setelah selesai sholat sunnah, para jamaah diwajibkan untuk membaca niat umroh baik yang singkat maupun yang lengkap. Bacaan niat umroh yang lengkap adalah labbaikallohu umrotan, sementara bacaan niat yang lengkap adalah nawaitul umrota wa ahromtu bihaa lillahi ta’ala.
Selanjutnya, para jamaah menuju ke Makkah untuk meletakkan barang bawaan dan melaksanakan kegiatan ibadah yang utama. Selama perjalanan, para jamaah disunahkan untuk bertasbih. Sesampai di Makkah, para jamaah akan ke Masjidil haram untuk melintas ke makan Nabi dan ke Hajar Aswad.

Kemudian jamaah umroh melaksanakan thawaf  dengan mengelilingi ka’bah 7 kali dan dilanjutkan Sa’i dengan berjalan dari bukit Safa ke Marwa. Jika sudah selesai melaksanakan Sa’i, maka jamaah akan melaksanakan tahalul, yaitu menggunting rambut paling tidak tiga helai.
Jika seluruh rangkaian ibadah tersebut sudah dilaksanakan, maka jamaah sudah menyelesaikan tahapan ibadah umroh. Para jamaah bisa pulang dan tidak terikat oleh segala larangan ketika beribadah umroh.

Keutamaan Umroh Di Akhir Ramadhan
Bulan Ramadhan memang memiliki keutamaan yang lebih banyak dibanding bulan lain. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada bulan Ramadhan Alloh AWT telah menjanjikan pahala yang berlipat.Terutama saat 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan, kita harus memanfaatkannya dengan baik. Karena pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan merupakan malam Laitul Qodar. Malam Lailatul Qodar ini merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu, kita disarankan untuk meningkatkan ibadah kita kepada Alloh SWT. 

Ada banyak sekali amalan yang bisa dilaksanakan saat bulan Ramadhan, seperti sholat sunnah, berdzikir, mengaji, hingga melaksanakan umroh. Melaksanakan ibadah umroh memang bisa kapan saja. Namun melaksanakan umroh akhir Ramadhan memiliki keutamaan yang lebih banyak.

Dari sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam muslim, melaksanakan umroh akhir Ramadhan atau selama bulan Ramadhan memiliki nilai dan pahala yang sama dengan ibadah haji. Namun hal ini tidak berarti beribadah umroh akhir Ramadhan bisa menggantikan ibadah haji. Makna ini hanya ditujukan untuk pahala yang besarnya seperti ibadah haji. Seseorang yang telah melaksanakan umroh akhir Ramadhan kewajiban melaksanakan ibadah hajinya tidak gugur.


Suatu ketika ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah, mana yang lebih utama menjalankan umroh saat Dzulqa’dah atau saat bulan ramadhan. Sebenarnya, Rasulullah sendiri selalu melaksanakan umroh saat Dzulqa’dah. Nabi Muhammad SAW juga tidak menjelaskan secara detail mengenai kelebihan umroh akhir Ramadhan atau awal maupun akhir. Rasulullah hanya menekankan jika umroh saat bulan Ramadhan memiliki pahala yang setara dengan ibadah haji. Kemudian orang tersebut bertanya, bagaimana bisa pahalanya setara dengan ibadah haji. Padahal amalan dan rukun haji lebih banyak dibanding umroh.


Kemudian Rasulullah membandingkannya dengan ketika membaca surat Al Ikhlas. Meskipun hanya berisi 4 ayat, namun pahalanya sama seperti membaca 1/3  Al Quran. Pada intinya, baik melaksanakan umroh akhir Ramadhan maupun di hari lain, melaksanakan umroh harus dilandasi dengan keikhlasan untuk mencapai ridho-Nya.

Kelebihan Mendaftar Umroh Di Alhijazindowisata 
Alhijazindowisata merupakan salah satu agen tour haji dan umroh terpercaya yang berada di Jakarta Timur. Ada banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan saat mendaftar umroh di Alhijazindowisata, terutama jika anda ingin melaksanakan umroh akhir Ramadhan. Antara lain  menyediakan paket umroh lengkap, harga lebih terjangkau, terpercaya dan lebih mudah.
Paket umroh yang tersedia untuk Ramadhan, mulai dari awal Ramadhan, tengah Ramadhan, hingga umroh akhir Ramadhan. Paket umroh bulan Ramadhan dari Alhijazindowisata tersedia mulai dari paket reguler, paket combine, dan paket VIP. Untuk paket umroh akhir Ramadhan dan paket umroh desember memiliki harga yang lebih tinggi dibanding paket umroh yang lain.

 

 

Artikel lainnya »