Promo Umroh 2017  CP. 08111-34-1212  Tgl 27 Mei,  3 dan 10 Juni Disc Rp 2 juta

diposkan pada : 24-02-2017 13:43:53

Tata Cara Wukuf dan Keutamaannya di Padang Arafah, Secara harfiah wukuf artinya berdiam diri atau berhenti. Wukuf di padang Arafah adalah ritual haji yang dilakukan dengan cara berdiam diri di padang Arafah mulai dari tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai dngan terbenamnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah. Jadi, yang dimaksud dengan wukuf adalah puncak haji.

Dalam rangkaian rukun ibadah haji, melaksanakan wukuf di padang Arafah merupakan ritual terpenting yang wajib dilakukan oleh setiap jamaah haji sebagai puncak dari ritual ibadah haji. Sebab tidak sah ibadah haji apabila rukun haji ini tidak dilakukan. Dalam kondisi apapun harus tetap dilakukan. Sehingga, jamaah sakit pun  harus tetap dibawa ke padang Arafah untuk wukuf meskipun hanya berbaring saja. Saat wukuf yang merupakan rukun haji, jamaah dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, shalat, berdoa, dan berzikir.

Biasanya sejak awal bulan Dzulhijjah atau selambatnya dua hari sebelum wukuf, banyak jamaah yang berangkat ke Arafah dengan berjalan kaki walaupun jarak dari Mekah sekitar 25 km.

Tips Haji pada saat wukuf, yaitu ketika matahari sudah tergelincir atau bergeser dari tengah hari (sekitar pukul 12.00) hitungan wukuf sudah dimulai. Pada saat melakukan wukuf, pertama yang dilakukan adalah shalat dzuhur dan shalat ashar yang dilakukan secara jamak taqdim, yakni shalat ashar dibawah siang hari bersama dzuhur dengan satu kali azan dan dua kali iqamah.

Setelah shalat dzuhur dan shalat ashar, disunnahkan seorang imam berkhutbah guna memberikan bimbingan wukuf, seruan ibadah dan doa. Disunnahkan menghadap kiblat. Ketika berdoa hendaknya dengan mengangkat tangan hingga tampak di atas kedua ketiaknya. 

Karena ada hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan, "Sebaik-baik do'a adalah do'a di hari Arafah dan sebaik-baiknya yang kubaca dan dibaca oleh para nabi sebelumku, adalah "Laa ilaha illallaah wahdahu laa syarikalahu, lahulmulku wa lahul hamdu, wa huwa 'alaa kulli syai-in qadiir." (HR Turmudzi)

 

Tertib Wukuf
Wukuf di Arafah merupakan saat-saat yang paling penting. Karena itu jemaah haji perlu memperhatikan berbagai persiapan dan tertib wukuf:

  1. Berdoalah yang khusu' karena Arafah dijanjikan sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa.
  2. Jangan membunuh binatang dan berkata-kata yang tidak baik.
  3. Perbanyaklah membaca zikir dan berdoa.
  4. Mintalah kepada Allah sesuatu yang kita mohonkan, karena Allah Maha Kaya, juga karena dengan kehadiran kita adalah salah satu kehendak dan panggilan Allah Swt.
  5. Biasanya masalah air di Arafah sering menjadi persoalan besar, karena sangat julah yang terbatas. Siapkan air dalam botol atau spray gun. Saat krisis air terjadi, bisa digunakan untuk berwudhu.
  6. Jangan lupa membawa semprotan air. Untuk mengatasi suhu di sana yang biasanya cukup tinggi, basahi tubuh dengan semprotan air.
  7. Banyak makan dan minum serta mengkonsumsi vitamin untuk menambah energi.
  8. Jaga suasana wukuf agar selalu tenang dan khusuk. Jangan ribut apalagi berteriak-teriak.
  9. Jangan berbantah-bantahan.

 

 

 

doa wukuf dipadang arafah
pengertian wukuf di arafah
sejarah wukuf di arafah
makna wukuf di arafah
tata cara wukuf
arti wukuf secara bahasa
hadits tentang wukuf di arafah
hikmah wukuf
video wukuf di arafah
wukuf di arafah 2017
video wukuf di arafah 2017
waktu wukuf di arafah 2017
tanggal wukuf di arafah 2017
wukuf di arafah 2018
video wukuf di arafah 2018
waktu wukuf di arafah 2018
tanggal wukuf di arafah 2018

Artikel lainnya »