Elemen lampu pada taman sangat penting. Selain untuk memberi penerangan, lampu taman juga dapat mempercantik taman di malam hari. Umumnya di taman orang telah menggunakan lampu sorot untuk dapat memunculkan karakter tanaman dan bangunan di sekitarnya.

Untuk lampunya sendiri, upayakan memilih lampu non halogen. Pilihlah lampu hemat energi yang dirancang khusus untuk keperluan luar ruang (eksterior).

Ada baiknya, sebelum membeli lampu perhatikan Indeks Proteksi (IP) yang telah terdiri dari angka 2 digit. Angka yang tertulis di awal merupakan indikator perlindungan terhadap unsur-unsur solid. Batasanya dimulai dari angka 0 hingga 6. Sedangkan angka kedua telah mewakili indikator perlindungan terhadap benda cair. Batasannya dimulai dari angka 0 hingga 8. Semakin kecil kedua angka yang dicantumkan, berarti semakin kecil proteksinya. Misalnya IP 00, yang berarti lampu tidak memiliki proteksi.

Untuk lampu taman, sebaiknya gunakan lampu dengan IP 44. Ini berarti lampu tersebut telah memiliki perlindungan terhadap benda padat yang diameternya lebih dari 1 mm dan juga terlindung dari air yang disemprotkan dari segala arah.

Selain itu, yang harus Anda perhatikan adalah dimana seharusnya lampu itu harus ditempatkan agar sesuai dengan IP yang tercantum. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menanyakannya secara langsung pada pramuniaga yang menjualnya.

TIP AMAN MEMILIH LAMPU TAMAN

Artikel lainnya »