saco-indonesia.com, Apron atau tempat parkir pesawat Bandara Ahmad Yani, Semarang amblas. Akibatnya, jadwal Lion Air dengan jenis pesawat 737 900ER ke Jakarta telah mengalami penundaan selama tiga jam.

Awalnya penerbangan Lion Air tersebut telah dijadwalkan akan take off sekitar pukul 10.00 pagi WIB. Namun saat menuju ke landasan pacu, roda pesawat telah terjerembab ke apron amblas tersebut yang telah mengakibatkan pesawat tak mampu bergerak karena penumpang penuh. Terpaksa sebagian penumpang harus diturunkan terlebih dahulu agar beban pesawat berkurang.

Sekitar pukul 12.30 siang WIB, akhirnya pesawat tersebut telah lepas landas. Pesawat komersil yang berada di dekat lokasi amblas pun akhirnya telah dipindahkan ke parkiran pesawat kecil.

"Posisinya di apron sebelah barat. Kebetulan hanya pesawat Lion Air 737 900ER ke Jakarta, penumpang juga kebetulan full setelah diturunkan kembali ditarik ternyata tidak cukup kuat peralatan GSE-nya tadi. Kemudian kita packing kembali pesawat bisa jalan," ujar General Affair and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani, Anom Fitranggono di Semarang, Rabu (9/1).

Anon juga mengatakan, apron itu tak amblas namun hanya bergelombang. Dia juga memperkirakan, loading terlalu berat yang telah mengakibatkan alat bantu tak kuat untuk menarik pesawat.

"Sebetulnya (amblasnya) tidak terlalu besar, kecil sekitar nol koma sekian, cuman bergelombang. Mungkin loading pesawat cukup berat dan cukup besar efeknya peralatan push back tidak kuat. Tidak sampai ambles berbentuk kubangan atau gelombang yang cukup signifikan, itu tidak," tutur Anom.

Menurut Anom, pihaknya juga belum dapat mengetahui penyebab amblasnya apron tersebut. Dia juga menegaskan pihaknya akan overlay kembali supaya landasan bisa tertata rapi. "Untuk teknis kami belum tahu penyebabnya, kami tidak bisa berandai-andai karena teknis sekali. Namanya landasan dipakai jangan apron atau runway, jalan umum pun yang digunakan bisa terjadi. Untuk pesawat efeknya agak sensitif terhadap pesawat," jelas dia.


Editor : Dian Sukmawati

APRON BANDARA AHMAD YANI AMBLAS

Artikel lainnya »