umroh desember

saco-indonesia.com, Berbagai macam produk makanan atau minuman kaya akan probiotik sedang marak untuk dipromosikan kepada masyarakat. Padahal penyumbang bakteri baik bagi usus bukan cuma makanan atau minuman kaya probiotik.

Seorang dokter yang telah mempelajari bagaimana cara bakteri dapat menyehatkan tubuh menyebutkan kalau bubur juga termasuk makanan wajib konsumsi. Sebab bubur ternyata juga dapat menyumbangkan asupan bakteri baik bagi usus.

"Saya mencoba tidak makan sereal selama dua minggu kemudian enam minggu berikutnya mengonsumsi sereal saja," papar Dr Christoffer van Tulleken dari Skotlandia.

Pada akhir percobaannya, Dr Tulleken juga mengaku dirinya merasa luar biasa. Ia pun telah menemukan kalau beberapa bakteri dalam ususnya mati sementara bakteri lain yang sifatnya baik bagi usus jumlahnya berkembang menjadi sangat banyak.

Menurut Dr Tulleken, asupan lemak dan gula dalam dosis tepat sebenarnya baik bagi usus. Konsumsi kedua nutrisi tersebut pun juga perlu dikonsumsi setiap hari.

Terlepas dari percobaan Dr Tulleken, ternyata bubur tersebut juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu:

    Menangkal depresi, karena kaya akan vitamin B6 yang dapat merangsang hormon serotonin pada otak, bubur adalah makanan yang ampuh untuk dapat meredakan stres dan depresi.
    Melawan osteoporosis, kandungan bubur sereal yang telah dicampur dengan susu adalah sumber kalsium yang sangat baik, sehingga konsumsinya mampu dapat mencegah kondisi tulang keropos.
    Menghentikan kebiasaan merokok, sebab ada senyawa di dalam bubur sereal yang mampu dapat menenangkan sistem saraf dan menurunkan efek kecanduan terhadap nikotin.

Editor : dian sukmawati

PENYUMBANG BAKTERI BAIK BAGI USUS DENGAN MAKAN BUBUR

Artikel lainnya »