Saco-Indonesia.com - Vitamin D tak hanya baik untuk jantung dan tulang , tetapi juga penting untuk kesehatan organ dan jaringan dalam tubuh, terutama untuk kesehatan otak. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kerusakan pada otak.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Kentucky menunjukkan bahwa tikus yang diberikan makanan rendah vitamin D secara berkala akan mengalami kerusakan pada oraknya. Tikus-tikus eksperimen itu juga mengalami penurunan kemampuan kognitif, ingatan, serta kemampuan untuk belajar.

"Biasanya kekurangan vitamin D terjadi pada manula atau pada orang berusia pertengahan. Vitamin D penting untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada otak," ungkap ketua peneliti Allan Butterfield, seperti dilansir oleh Science Daily (02/12).

Sebelumnya, penelitian lain juga menemukan bahwa kurang vitamin D bisa menyebabkan penyakit Alzheimer serta berkaitan dengan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Butterfield merekomendasikan agar manula atau orang dewasa mengetahui tingkat vitamin D pada tubuh mereka.

Jika tingkat vitamin D tergolong rendah, mereka harus mulai mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D atau mengonsumsi suplemen vitamin D. Tak hanya itu, berjemur selama 10 - 15 menit di bawah matahari juga bisa membantu menambah asupan vitamin D dan menjaga kesehatan otak.

Editor : Liwon Maulana

Hati-hati, kurang vitamin D sebabkan kerusakan pada otak!

Artikel lainnya »