saco-indonesia.com, Banyak orang yang telah bingung ketika saat menghidupkan mesin kendaraannya tiba-tiba ngadat. Hal ini bisa telah terjadi karena berbagai hal, salah satunya adalah karena aki yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Aki juga merupakan sumber energi yang biasanya digunakan untuk alat-alat elektronik, kendaraan dan lain sebagainya. Aki itu sendiri telah terbagi menjadi dua yaitu aki basah dan aki kering. Tentunya keduanya juga telah memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Jika Aki basah dibutuhkan perawatan yang lebih telaten dibandingkan dengan aki kering, tetapi jika kita tahu cara merawat aki basah, maka aki basah akan mempunyai umur yang lebih lama jika dibandingkan aki kering.

Sebagai salah satu sumber kelistrikan pada kendaraan, tentunya kita juga tidak ingin aki kendaraan kita gampang mati. Karena itu disini kita akan mengulas salah satunya saja, yaitu bagaimana cara untuk merawat aki basah agar awet dan bisa dipakai dalam kurun waktu yang lama.
Cara Merawat Aki Basah Yang Benar

Langkah-langkah cara merawat aki basah :

    Anda jangan malas untuk selalu memeriksa air aki. Pemeriksaan juga bisa dilakukan secara berkala, dan air aki juga harus lebih tinggi dari batas Low dan juga berada di bawah batas Upper Level.
    Tambah air aki jika air aki sudah berkurang dan berada di bawah level Low. Gunakan air aki biasa, jangan menggunakan air aki zuur, karena air aki zuur telah digunakan saat pertama saja.
    Penambahan air aki sebaiknya pada pagi hari sebelum mesin dinyalakan.
    Penggunaan arus listrik Aki juga harus sewajarnya. Anda juga harus membatasi pemakaian arus sesuai kapasitas dari aki yang digunakan, karena jika over maka aki akan mudah mati.
    Hati-hati terhadap hubungan pendek antara kutub positif dan negatif, karena hal tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan pada sel aki.
    Periksa katup krem yang ada di aki, jika Anda telah mendapati dalam keadaan longgar maka segera kencangkan.
    Aki yang telah mendapat goncangan terlalu keras juga dapat mempengaruhi umur aki tersebut, maka pastikan aki terlindungi dengan memperhatikan penjepit aki/braket aki tetap kokoh.
    Bersihkan aki dari debu dan berikan sedikit gemuk pada kutupnya agar tidak mudah berkarat atau berjamur.
    Periksa secara keseluruhan fisik aki, apakah ada keretakan pada fisik, plug aki yang tidak tertutup dengan baik dan juga jangan lupa memperhatikan bagian ventplug, mampet atau tidaknya.


Editor : Dian Sukmawati

CARA MERAWAT AKI BASAH

Artikel lainnya »